Breaking News

HIKMAH PENERAPAN SYARIAT ISLAM PART 05 OF 08

HIKMAH PENERAPAN SYARIAT ISLAM
.
.
PART-5
.
.
5. HIFZH AL-MÂL (Menjaga Harta)
.
.
Yakni dengan menetapkan sanksi hukum terhadap tindakan pencurian dengan hukuman potong tangan yang akan mencegah manusia dari tindakan menjarah harta orang lain.
.
.
Allah subhanahu wata'ala berfirman :
.
.


 وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوا أَيْدِيَهُمَا
.
.
"Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya"
(Al-Maidah [5]: 38)
.
.
Demikian pula peraturan pengampunan (hijr), yakni pencabutan hak mengelola harta bagi orang-orang bodoh dengan menetapkan wali yang akan memelihara harta yang bersangkutan.
.
.
Islam juga melarang tindakan belanja berlebihan, yakni belanja pada perkara haram.
.
.
 وَآتِ ذَا الْقُرْبَىٰ حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا
.
.
"Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros."
(QS. Al-Isra: 26)
.
.
Ketetapan Islam demikian diperuntukkan bagi semua warga negaranya, tanpa memandang agamanya. Karena itu, siapapun orang yang hidup dalam naungan syariat Islam terpelihara hartanya dan terjamin haknya untuk menjalankan usaha.
.
.
Bandingkan dengan sistem demokrasi yang memberikan kebebasan kepemilikan sebagai bagian dari HAM yang membuat orang menghalalkan segala cara demi uang. Penipuan, penyuapan, sabotase, perampokan, pencurian, penjebolan bank melalui internet, apa yang terkenal dengan white colar crime hingga perebutan harta di pengadilan adalah hal biasa. Hukuman penjara bukanlah penyelesaian.
.
.
Bahkan, tidak jarang, penjara adalah ajang training dan penambahan wawasan bagi para pelaku tindak kriminal. Tindak kriminal dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi, dari yang terang-terangan hingga yang paling tersembunyi, dari yang kasar hingga yang paling halus adalah dalam rangka memenuhi kebiasaan nafsu hidup mewah bangsa-bangsa kapitalis penganut demokrasi.
.
.
#mercusuar #islamselamatkannegeri #khilafahajaranislam #saatnyaislambangkit #khilafah
.
.
Follow :
@mercusuar_
@mercusuar_
@mercusuar_

Tidak ada komentar