Breaking News

HIKMAH PENERAPAN SYARIAT ISLAM PART 4 OF 8

HIKMAH PENERAPAN SYARIAT ISLAM

4. HIFZH AN-NAFS (Menjaga Jiwa)
.
.
Yakni dengan menetapkan sanksi hukuman mati bagi orang yang telah membunuh tanpa hak dan menjadikan hikmah dari hukuman itu (qishâsh) adalah untuk memelihara kehidupan.
.
.
Allah subhanahu wata'ala berfirman :
.
.


وَلَكُمْ فِى ٱلْقِصَاصِ حَيَوٰةٌ يَٰٓأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
.
.

"Dan dalam kisas itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa."
(QS. Al-Baqarah [2]: 179)
.
.
Kalaupun tidak dikenai hukum qishâsh, yang berlaku adalah hukum denda (diyat). Berdasarkan diyat ini, keluarga korban berhak atas ganti rugi yang wajib diberikan pihak keluarga pembunuh sebesar 1000 dinar (4250 gram emas), atau 100 ekor unta, atau 200 ekor sapi (Lihat: Abdurrahman al-Maliki, Nizhâm al-`Uqûbât, Dar al-Ummah, hlm. 87-121).
.
.
Dengan syariat Islam jiwa setiap orang terjaga, mulai dari janin hingga dewasa. Dengan syariat Islam setiap warga negara apapun suku, ras, dan agamanya akan dipelihara dan dijamin keselamatan jiwanya.
.
.
Bandingkan dengan harga murah nyawa manusia di berbagai penjara di sejumlah negara yang menganut sistem demokrasi dan sistem hukum pidana Barat.
.
Bandingkan dengan murahnya nyawa dalam pandangan para pemilik pabrik senjata dan para pedagang senjata inter-nasional yang senantiasa membuat berbagai rekayasa untuk menyulut peperangan di berbagai belahan dunia.
.
.
Demi dolar, mereka tidak mempedulikan harga nyawa manusia. Bahkan, mereka lebih menyayangi nyawa ikan paus daripada nyawa anak Adam. Lihat bagaimana mereka begitu sungguh-sungguh melindungi ikan paus dengan alasan untuk melestarikannya.
.
.
 Sebaliknya, bagaimana mereka, dengan alasan teroris, membunuh ribuan nyawa pejuang-pejuang Islam di Palestina. Perang Dunia I dan II, Perang Vietnam, Perang Teluk, Perang Bosnia, Perang Kosovo, Perang Albania, embargo dan penyerangan terhadap Irak, pembantaian Muslim Palestina, penghancuran Afganistan, Chechnya, dan Dagestan adalah secuil bukti nyata tak terbantahkan.
.
.
.
#mercusuar #hikmahsyariatislam #khilafah #islamrahmatanlilalamin #islamselamatkannegeri
.
.
Follow :
@mercusuar_
@mercusuar_

Tidak ada komentar