Breaking News

HIKMAH PENERAPAN SYARIAT ISLAM PART 6 OF 8

HIKMAH PENERAPAN SYARIAT ISLAM
.
.
PART-6
.
.
6. HIFZH AD-DÎN (Menjaga Agama)
.
.
Yakni dengan melarang murtad serta menetapkan sanksi hukuman mati bagi pelakunya jika tidak mau bertaubat kembali kepangkuan Islam.
.
.
Allah subhanahu wata'ala berfirman :
.
.
وَمَنْ يَرْتَدِدْ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَيَمُتْ وَهُوَ كَافِرٌ فَأُولَٰئِكَ حَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۖ وَأُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
.
.
"Barang siapa yang murtad di antara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya."
(Al-Baqarah [2]: 217)
.
.
.
Sekalipun demikian, Islam tidak memaksa orang untuk masuk Islam.
.
.

لَا إكْرَاه فِي الدِّين
.
.
“Tidak ada paksaan dalam memeluk agama.” (QS. Al-Baqarah[2]: 256)
.
.
Melalui hukum syariat seperti ini kaum Muslim terjamin untuk melaksanakan ajaran agamanya. Demikian pula dengan non-Muslim; mereka bebas untuk menjalankan agamanya tanpa ada paksaan dari siapapun. Negara menjaminnya, masyarakat Islam memberikannya hak.
.
.
Bandingkan dengan sistem demokrasi yang memberikan kebebasan beragama disertai dengan paradigma bahwa dalam beragama jangan gunakan akal, akibat hal ini tidak sedikit anak bangsa yang terperosok ke dalam keyakinan yang tidak masuk akal dan sekte-sekte sesat. Yang diantaranya ada yang menyajikan ritual bunuh diri massal sebagai solusi dalam mengatasi problema hidup mereka.
.
.
Padahal, Allah SWT sebagai Pencipta manusia, alam semesta, dan kehidupan telah menganugerahi naluri fitri beragama. Agar manusia dapat berjalan menempuh kehidupannya di jalan agamanya yang lurus.
.
.
Allah subhanahu wata'ala berfirman :
.
.

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا ۚ فِطْرَتَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا
.
.
"Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu."
(QS. Ar-Rum [30] : 30)
.
.
.
#mercusuar #islamselamatkannegeri #khilafahajaranislam #saatnyaislambangkit #khilafah
.
.
Follow :
@mercusuar_
@mercusuar_
@mercusuar_

Tidak ada komentar