Breaking News

ISLAM ATAU KESEPAKATAN?



Kemaren Kita mendengar Ada yang Mengatakan bahwa Islam Nusantara Adalah Islam dengan Kesepakatan Dan Khilafah Adalah Ajaran yang tertolak oleh kesepakatan itu.

Islam membolehkan antara manusia untuk melakukan kesepakatan atau Akad..bahkan Kita wajib untuk memenuhi syarat syarat yang Ada di Akad tersebut..TETAPI dengan catatan, semua syarat tersebut tidak mengHALALkan yang HARAM dan mengHARAMkan yang HALAL.

Misalkan, Kita sudah jelas bahwa Allah mengHARAMkan Riba Dan mengHALALkan Jual beli, tapi misal Ada kesepakatan bahwa di daerah tertentu dibolehkan atau Negara tertentu membolehkan bahwan menjadikannya sebagai basic ekonominya..maka ini Adalah contoh akad yang megahalalkan yang Haram Dan syarat seperti in harus ditolak atau dicampakkan jauh jauh.

Demikianlah ISLAM tidak dibatasi boleh kesepakatan tetapi ISLAM lah yang membatasi Akad/kesepakatan

Allah berfirman dalam Alquran, Hi Orang orang beriman, penuhilah akad akad kamu..ibnu abbas di didalam ibnu katsir mentafsirkan  akad sebagai Uhud,
Yaitu APA yang dihalalkan Allah, APA yang diharamkan dll.

Jadi Akad bagian dari syariat ya dibolehkan, IYA

Tetapi BUKAN berarti AKAD bisa membatasi Islam Dan Ajarannya, misalnya seperti Khilafah Adalah Ajaran Islam, dimana Ulama Ulama muktabar mewajibkan penegakannya








Tidak ada komentar